Mengenal Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia

Mengenal Sungai Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia



Sudah beberapa postingan tentang wisata di Kalimantan Barat yang saya tampilkan tetapi saya belum membahas yang satu ini yang boleh dibilang sangat penting untuk anda ketahui. Yupz, Sungai Kapuas. Tak salah memang kalau Kota Pontianak dikenal akan Tugu Khatulistiwa sekaligus ibukota provinsi Kalimantan Barat. Tapi tidak hanya itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Ya, terpanjang di Indonesia. Jadi, jangan salah lagi kalau ada soal yang seperti ini, "Sungai yang merupakan Sungai terpanjang di Indonesia adalah..." hahaha. 

Sungai Kapuas membelah Provinsi Kalimantan Barat hingga 1.143 Km sekaligus menjadi urat saraf *eh* urat nadi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat. Di sepanjang aliran sungai, anda dapat mengamati aktivitas masyarakat, rumah warga, hingga deretan kapal kemas yang bersandar di bagian dermaga. Semuanya menyatu dan hidup seiring dengan aliran Sungai Kapuas yang terus mengalir.







Tapi tidak hanya manusia atau kapal yang sibuk lalu lalang melintasi sungai ini, Sungai Kapuas juga menjadi rumah dari sekitar 700 jenis ikan. Oleh sebab itu, Sungai Kapuas juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai lokasi perikanan hingga pembibitan ikan air tawar seperti Ikan Nila atau Ikan Arwana.

Kalau anda kebetulan berada di Pontianak dan ingin menikmati keindahan panorama Sungai Kapuas anda bisa menyusuri Sungai Kapuas melalui kapal wisata. Cukup dengan datang ke Taman Alun kapuas, atau Cafe Serasan dan membayar Rp 10-15 ribu per orang, anda sudah dapat naik kapal dan melihat syahdunya Sungai Kapuas. 
(Catatan: Menyusuri sungainya hanya sekitar Pontianak saja karena kalau sampai ujung Sungai Kapuas bakal lebih dari 1 minggu baru sampai di ujung Sungai Kapuas, lo kira ekspedisi, hahaha).

Kecantikan Sungai Kapuas juga telah menginspirasi Pemkot Pontianak untuk membangun semacam waterfront seperti di Lyon, Perancis. Pembangunannya juga tengah berlangsung dan berlokasi dari Taman Alun Kapuas hingga pelabuhan Senghie. Kalau sudah jadi, tentu Sungai Kapuas akan makin indah dan menarik.

Yang terbaru dari Sungai Kapuas adalah Karnaval Air Pontianak atau nama kerennya "Karnaval Khatulistiwa" yang dibuka oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Event yang juga merupakan Rangkaian kegiatan HUT ke-70 RI ini terdiri dari tiga kegiatan utama, yakni karnaval darat, karnaval air dan panggung hiburan rakyat. Ada 3.133 orang peserta dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari 24 provinsi dan juga perwakilan dari Malaysia dan SingapuraIni menjadi bukti kalau pemda serius mengembangkan wisata di Sungai Kapuas.






0 comments :

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).