Rasakan Gurihnya Sotong Pangkong

Rasakan Gurihnya Sotong Pangkong




Sotong Pangkong, begitu masyarakat Pontianak menyebutnya, adalah makanan khas Pontianak yang hanya ditemukan saat bulan Ramadhan dan hari-hari tertentu saja.

Sotong Pangkong berbahan dasar sotong/cumi, yang dikeringkan, kemudian dibakar menggunakan arang. Cara pembuatannya pun cukup unik. Sotong kering yang telah dibakar tesebut akan di pangkong alias di pukul-pukul mengunakan alat pemukul (alatnya terserah mau alat apa yang penting bisa untuk mukul. Ingat, jangan mukul orang yaa...) untuk menghasilkan rasa gurih dari sotong tersebut.



Untuk penyajian sendiri, sotong pangkong mengambil konsep mirip Kerupuk Basah asal Kapuas Hulu, yaitu Sotong yang telah di pangkong bin dipukul-pukul akan dicocol dengan sambal kacang. (Catatan: Jangan pangkong Sotongnya terlalu keras soalnya bakal hancur berderai. Mau makan apa kalau Sotongnya hancur, Hahaha).
Bagi yang kebetulan bukan orang Pontianak dan ingin membuat sendiri dirumah, tenang...Saya akan beritahu proses/cara pembuatannya. (Ini dikutip dari beberapa sumber dan interview langsung dengan pedagang Sotong Pangkong)



Cara pembuatan Sotong Pangkong

Bahan:

- Cumi yang telah dikeringkan 5 ekor (terserah mau berapa ekor, tapi 5 ekor lebih baik)

Bumbu:
- Bawang merah 2 siung
- Cabe rawit 3 buah
- Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus
- Sedikit cuka (kalau kebanyakan nanti mukanya masam)

Peralatan:
- Pemanggang dan arang
- Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong
- Gunting untuk memotong Sotong
- Piring/Mangkok

Cara membuatnya:
- Cumi kering tadi lalu dipanggang sampai harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.

- Untuk membuat saus atau sambalnya, haluskan semua bahan dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.




Gimana, mudah kan ? dan juga untuk anda yang kebetulan datang ke Pontianak pas bulan Ramadhan jangan lupa untuk merasakan gurihnya Sotong Pangkong. Dijamin bakal ketagihan...

0 comments :

Post a Comment

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saye meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).